rirapusi blog...
Assalamu'alaikum viewer..Welcome to my blog, here you can read many things about #kuliner #traveling #food recipes..

Minggu, 05 Agustus 2018

Pengalaman Test CPNS 2017 di LKPP Part 2 (SKD)

Assalamu'alaikum temen-temen..

Melanjutkan postingan yang sebelumnya, kali ini saya mau ceritain pengalaman saya saat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD...

Seleksi Kompetensi Dasar



Setelah lulus dari seleksi administrasi, tahapan selanjutnya adalah seleksi kompetensi dasar. SKD ini dilakukan melalui CAT atau Computer Assisted Test.Materi CAT ini terdiri dari 3 bagian, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Inteligensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).
Dan untuk lulus CAT ini, masing-masing ada passing gradenya. Jadi dengan kata lain, untuk dinyatakan lulus , kamu harus memenuhi passing grade tiap-tiap bagian (TIU, TWK ataupun TKP). Kalo TIU nya tinggi tapi TWK nya ga memenuhi batas kelulusan gimana?ya tetep ga lulus.
Jadi, meski ada salah satu bagian yg tinggi banget skornya, kamu tetep dinyatakan ga lulus kalo ada bagian lain yang ga memenuhi passing grade. Nah kalo kamu udah dinyatakan lulus, selanjutnya kamu harus menunggu sampai semua peserta selesai mengikuti CAT.  Karena meski kamu dinyatakan lulus CAT, kamu belum tentu masuk ke tahapan selanjutnya, yakni SKB. Karena setelah lulus CAT, nilai CAT kita dan seluruh peserta yang lulus CAT akan di rank.


Berapa peserta yang lulus CAT yang akan masuk SKB?


Tinggal dikali 3 aja jumlah formasi yang dibutuhkan. Contohnya, untuk formasi saya kan dibutuhkan 14 orang, nah berarti total peserta CAT yang masuk ke SKB adalah 14 x 3 = 42 peserta. Jadi 42 peserta yang lulus CAT dengan skor teratas akan bisa masuk ke tahapan SKB.

Pengalaman saya ikut CAT ini gimana?


Alhamdulillah berjalan lancar. Jujur bagian termomok buat saya adalah TWK, karena saya kurang hafal tentang sejarah atau kewarganegaraan. Soal yang keluar, seinget saya ada VOC dan Pancasila.
Untuk soal-soal latihan, kamu bisa googling atau beli buku CAT di toko buku.
Waktu itu saya banyak dapet soal-soal latihan dari kaskus. Dan soal-soal latihan yang saya dapet lumayan banyak, tapi ati2 ya untuk kunci jawabannya. Karena ga semua kunci jawabannya benar, jadi harus di kroscek lagi jawaban benernya apa.

Ngomong-ngomong soal Kaskus, saya inget waktu itu saya join grup telegram yang di share di Kaskus. Nah member nya ini adalah para peserta yang daftar tes di LKPP. Dan ini sangat ngebantu banget, jadi up to date bgt soal informasi tentang tesnya. Terus yang paling bikin jleb itu, ternyata banyak peserta yang bener-bener belajar. Terus ada salah satu peserta yang bilang, usaha tidak akan menghianati hasil. Serasa tertampar (duh bahasanya..hahaha..) karena saya waktu itu masih leye-leye atau santai-santai, tapi inilah yang kemudian jadi motivasi saya untuk serius belajar, meski mepet-mepet  sama hari tes.

*sedikit tips dari saya untuk CAT

- Saat tes, kerjakan dari soal yang termudah. Jangan terlalu asik memikirkan soal yang susah. Kalo saya, seinget saya, dulu saya mengerjakan mulai dari TKP. TKP itu ada di bagian akhir, jadi misalnya TWK 35 soal,TIU 30 soal,brarti TKP akan mulai di soal ke 66.
- Semakin banyak berlatih soal semakin baik, jujur waktu itu saya memang kurang banyak berlatih, dan baru serius latihan soal,mepet-mepet sama hari tes. Tapi baiknya perbanyaklah berlatih soal. Karena setau saya BKN punya buanyak sekali bank soal. Jadi semakin banyak berlatih soal tentunya semakin terlatih.
- Untuk soal-soal latihan, jangan khawatir, banyak bgt ko di mbah google, bisa beli bukunya juga di toko buku, atau pake aplikasi android buat latihan CAT juga bisa.
- Jangan lupa berdoa. Nah ini poin yang paling penting nih..Jangan lupa berdoa, minta diberi kemudahan dan ketenangan dalam mengerjakan soal. Kalo udah berdoa dan berusaha tapi belum lulus, berarti mungkin bukan yang terbaik.

Untuk SKB bersambung ke Part 3 yaaa...



10 komentar:

  1. Hai, mau tanya untuk tes SKB seperti apa yaa di LKPP? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mbaa..maaf baru liat blog lagi..
      kalo dulu, ada psikotest lengkap mba dari pagi sampe sore, ada fgd dan terakhir wawancara

      Hapus
  2. Mbk, cpns lkpp ada tes kesehatannya ga

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo dulu pas saya ga ada mba..
      coba diliat di file rekruitmentnya mba, biasanya tertulis lengkap disana

      Hapus
  3. Mbak, kalo di LKPP formasi Pengendali teknologi Informasi ada tes prakteknya ga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mba, kurang tau kalo untuk formasi itu..
      coba liat di file rekruitmentnya mba, biasanya tertulis lengkap disana

      Hapus
  4. Hai mbak, mana nih Part 3 nya belum diposting ya? Hehe..
    Btw, berarti mbaknya sudah jadi CPNS LKPP ya? Congrats ya mbak...

    BalasHapus
  5. hai mba, part 3 nya belum di post ya? penasaran bgt ma lanjutannya

    BalasHapus
  6. Halo mbak, part 3 nya blm ada ya mbak? Saya penasaran sama SKB nya mbak hehe

    BalasHapus
  7. Part 3 nya mana nih kak ?

    BalasHapus