rirapusi blog...
Assalamu'alaikum viewer..Welcome to my blog, here you can read many things about #kuliner #traveling #food recipes..

Sabtu, 28 Juli 2018

Pengalaman Ikut Tes CPNS 2017 di LKPP Part 1


Assalamu'alaikum temen..temen..

Ini sambungan postingan sebelumnya yaaa..
Cuma yang ini udah cerita ke instansinya..

Sebelum penerimaan CPNS 2017 saya ga tau apa itu LKPP. Nama LKPP memang masih belum menggaung di Indonesia (Lembaga ini memang tergolong masih baru)...
Tapi buat orang-orang yang berkecimpung di bidang pengadaan khususnya pemerintahan ataupun penyedia bagi pemerintah, tentunya nama LKPP udah ga asing lagi. Yappp, LKPP adalah singkatan dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.


Kenapa memilih mendaftar di LKPP?


Sebelumnya saya sempat bimbang antara instansi x atau LKPP, dan kaya yang udah saya ceritain sebelumnya, saya sempet tanya-tanya sama salah satu temen saya yang udah lama bekerja sebagai PNS, yang kebetulan dia tau banget tentang LKPP. *hmm tapi ga ada yang kebetulan, sudah qadar Allah J. Dan kerennya teman saya ini ngasih tau plus minus nya instansi x dan LKPP sesuai dengan apa yang dia tau.*Luv u full pokoknya Nan (namanya nani..hehehe). Dan intinya apa yang dia jelasin ngebuat saya tertarik dengan LKPP. Dari penjelasan temen saya itu, saya berkesimpulan bahwa LKPP adalah market placenya pemerintah, model kek tokopedia tapi untuk pemerintah (dulu saya mikirnya gitu), dan tentunya kalo saya kerja disana, ilmu IT saya bisa lebih berkembang dan bisa berkontribusi banget juga buat negara (ini saya serius lho, karena hayati sudah lelah malang melintang diperusahaan swasta..hahaha).

Selain yang saya sebutin diatas, alasan lainnya saya mendaftar di LKPP adalah formasi jabatan untuk jurusan saya yang cukup lumayan. Jadi formasinya ada 14, meski sebenernya ini bisa buat beberapa jurusan (S1 /DIV teknik informatika, Teknik Komputer, Manajemen Teknik Komputer dan Sistem Informasi->jurusan saya), yang artinya saya harus bersaing dengan pelamar yang bukan dari jurusan saya juga, yang mungkin jauh lebih jago dibidang IT..haha..Tapi rapopo lah, rezeki ga kemana toh..tetep optimis aja. Nah kalo formasinya 14, brarti yang bisa masuk ke tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) ada 42 (14 x 3), dan saya pikir itu jumlah yang cukup lumayan, meski belum tau brapa banyak jumlah pelamarnya..hahaha..

Waktu itu yang buat saya pusing soal akreditasi program studi dan surat keterangan sehat. Karena saya baca persyaratannya kurang teliti, jadi saya ngurus akreditasinya dadakan, surat sehat pun baru saya buat menjelang hari-hari terakhir penutupan pendaftaran. Tapi Alhamdulillah semuanya bisa terpenuhi. Mungkin sudah jalan-Nya, karena meski dadakan, tapi Alhamdulillah semuanya dipermudah.

Tahapan Selesi Penerimaan CPNS 2017 di LKPP apa aja???


Seleksi Administrasi -> Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) ->Seleksi Kompetensi Bidang

Okee kita bahas satu per satu yaaa...tapi untuk SKD ama SKB nya saya pisah di part 2 ya..


Seleksi Administrasi


Setelah mendapatkan semua dokumen yang dibutuhkan, akhirnya saya mulai upload-upload, meskipun udah menjelang hari-hari akhir penutupan pendaftaran online. Masukkan dari saya, bacalah semua persyaratan termasuk dokumen yang dibutuhkan secara teliti dan perlahan. Jangan sampe ada dokumen yang lupa terurus.

Kesulitannya apa?


Transkrip saya itu terdiri dari beberapa lembar, nah sulitnya itu harus menyesuaikan dengan kapasitas maksimal ukuran dokumen di web pendaftaran onlinenya. Ngompressnya harus pas banget, agar meski ukurannya kecil tapi nilai masih tetap terlihat.
Nah setelah selesai mendaftar online, saya pun menunggu hasil seleksi administrasi. Nah agar mempermudah masuknya informasi, saya follow twitternya LKPP dan masuk grup telegramnya pelamar-pelamar lainnya yang melamar di LKPP. Grupnya tau dari mana? Dari kaskus..hahaha

Bersambung ke Part 2 ya...SKD dan SKB...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar