rirapusi blog...
Assalamu'alaikum viewer..Welcome to my blog, here you can read many things about #kuliner #traveling #food recipes..

Jumat, 27 Juli 2018

Pengalaman Ikut Tes CPNS 2017


Assalamu’alaikum temen2..

Welcome to my blog :)..
Setelah cukup lama ga ngisi blog, akhirnya saya  kembali ngisi blog ini lagi.
Aissshh kangen..sekangen-kangennya..

Nah, kali ini saya mau berbagi pengalaman saya dalam mengikuti tes CPNS 2017.
Setelah cukup lama moratorium, akhirnya penerimaan CPNS dibuka lagi di tahun 2017.


Tapi kita harus cukup jeli ni buat menentukan posisi dan instansi mana yang mau kita pilih. Karena kita hanya bisa memilih 1 instansi dengan 1 posisi diantara puluhan instansi yang membuka formasi. 


Bingung???Pastinyaaa..hahaha

Dari puluhan instansi yang membuka formasi, tentunya ga mudah buat saya nentuin mana yang harus saya pilih. Dan buat nentuinnya, saya menggunakan cara yang mungkin cukup tidak diminati oleh kebanyakan orang..hahaha..

Cara apakah itu???Eng ing eng..Saya ngebuat file excel buat ngelist instansi mana yang buka lowongan buat jurusan saya, formasinya berapa, juga syarat yang susahnya apa..
Klo mnrt saya meski cenderung ribed, tapi cara ini berguna bgt buat menentukan pilihan.
Waktu itu saya masih bekerja di salah satu perusahaan swasta, jadi saya ga mungkin nyari instansi yang ngasih persyaratan yang harus ngurus ini itu, izin-izin lah intinya. Contohnya toefl..hahaha

Dari sekian banyak instansi yang saya buka lowongannya, akhirnya kepilih deh beberapa instansi. Hingga akhirnya mengerucut menjadi 2 instansi, nah disini saya tentunya minta pendapat ke orang-orang terdekat, terutama ya ibu saya. Bingung sebingung-bingungnya..galau lah kalo bisa dibilang..hahaha..

Saya ga punya waktu lama buat milih, dan inilah senjatanya, saya sholat istikharoh. Meski Cuma semalem, akhirnya saya menjatuhkan pilihan saya untuk mendaftar di LKPP.

Pengen tau kelanjutannya???bersambung dulu yaaa...

*sedikit tips dan masukkan untuk tes CPNS dari saya:
- Seriuslah dalam menentukan pilihan (instansi apa dan formasi apa), baiknya buka semua link instansi yang ditampilkan disitus sscn.bkn.
- Kalau memang jurusan kamu banyak dibutuhkan, sebaiknya buat list dalam excel,semacam tabel, yang memuat formasi, syarat-syarat yang sulit yang ada di persyaratan seleksi administrasi. Ini akan memudahkan kamu dalam menemukan instansi dengan formasi dan persyaratan yang bisa kamu penuhi. Kecuali, kamu emang menyasar salah  satu instansi khusus ya.
- Kalau udah memantapkan pilihan atau udah memilih beberapa instansi, liat persyaratannya, cepet-cepet siapin persyaratan yang harus kamu penuhi (jangan kaya saya ya dadakan..hahaha)
- Liat seberapa besar peluang kamu diterima disitu, formasinya berapa, peminatnya..seleksi-seleksinya terdiri dari apa aja, lokasi tesnya dimana, penempatannya dimana.
- Liat semua persyaratan yang diajukan instansi secara detail, dokumen-dokumen apa yang harus kamu persiapkan. Baca pelan-pelan, berulang dan jangan terburu-terburu (Soalnya saya ada yang kelewat ga kebaca dan ini bkin jadi gerabak gerubuk di hari-hari menjelang penutupan pendaftaran..hahaha)
- Banyak-banyak cari info di internet, follow twitter atau medsos kementrian terkait. Jangan sampe ga update. Ngaskus juga atau ikutforum lainnya..biasanya banyak yang share juga di kaskus.
- Minta pendapat orangtua dan tentunya minta doain juga, dan tanya-tanya juga sama kerabat yang udah bekerja sebagai PNS, kalo jabatan ini kerjanya apa, itu kerjanya apa, dan siapa tau ada informasi juga terkait instansi yang mau kamu pilih.

- Terakhir dan poin yang paling penting, jangan lupa berdoa, sholat istikharoh, Ingat,, Allah lah yang paling tau tempat yang terbaik untuk kita. Mintalah yang terbaik, karena jadi PNS juga belum tentu yang terbaik. Percayalah rezeki tidak akan tertukar, tapi tetep butuh usaha dan doa untuk menjemputnya. Tetap tenang dan positif. Setelah berdoa dan berusaha, percayakan dan pasrahkan hasilnya kepada Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar